Membangun Karakter dan Kontribusi Sosial: Renjani, Relawan Pajak untuk Negeri

Peran pemuda dan mahasiswa dalam pengembangan masyarakat kian penting. Universitas Mahakarya Asia melalui Program Studi Akuntansi menunjukkan komitmennya dengan program Renjani (Relawan Pajak untuk Negeri), kerjasama dengan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuannya, mengembangkan keterampilan pajak mahasiswa sambil memberikan kontribusi pada masyarakat.

Renjani atau Relawan Pajak untuk Negeri  2024 adalah suatu program tahunan dari Direktorat Jenderal Pajak dalam rangka edukasi perpajakan melalui pihak ketiga yang bekerjasama dengan Organisasi Mitra/Tax Center dan melibatkan Mahasiswa serta NonMahasiswa sebagai aktor pematerinya

Renjani memberi kesempatan mahasiswa menjadi agen perubahan dalam pemahaman masyarakat tentang pentingnya pajak. Dalam program ini, mahasiswa memperoleh pengetahuan praktis sistem perpajakan dan keterampilan interpersonal, kepemimpinan, serta pemberdayaan masyarakat.

Universitas Mahakarya Asia komit terhadap pembangunan masyarakat melalui Renjani. Kolaborasi dengan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Daerah Istimewa Yogyakarta mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan lapangan.

Maret hingga Juni 2024, mahasiswa Renjani ditempatkan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Sleman. Ini memberikan pengalaman praktis dan interaksi dengan masyarakat serta pemahaman realitas pajak.

Partisipasi mahasiswa memberi manfaat ganda. Meningkatkan kompetensi profesional, karakter kepemimpinan, dan kesadaran sosial. Kehadiran mereka membantu masyarakat memahami pentingnya ketaatan pajak dan akses informasi perpajakan.

Renjani juga peluang bagi mahasiswa mengembangkan jaringan dan relasi, mempersiapkan dunia kerja dan realitas usaha. Interaksi dengan pemangku kepentingan di KPP memberikan wawasan tentang dunia kerja dan peluang karier di akuntansi dan perpajakan.

Program ini memberikan kesempatan penelitian dan analisis sistem perpajakan, meningkatkan pemahaman peraturan perpajakan dan kontribusi mahasiswa dalam rekomendasi perbaikan sistem.

Partisipasi mahasiswa menciptakan manfaat jangka pendek dan panjang bagi masyarakat dan diri sendiri. Mendorong generasi muda bersemangat menjadi perubahan positif masyarakat.

Baca juga :   Buka Puasa Bersama dan Pembubaran Panitia Wisuda ke-7 Universitas Mahakarya Asia

Renjani memungkinkan mahasiswa berkembang sebagai individu kompeten dan memiliki kesadaran sosial tinggi. Melalui kolaborasi antara universitas, institusi, dan masyarakat, program ini contoh bagaimana pendidikan tinggi mendukung perubahan positif masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *