Sambutan Penuh Makna dari Kepala LLDIKTI Wilayah 5 Menyemangati Para Wisudawan Universitas Mahakarya Asia

Yogyakarta, Kamis, 7 Maret 2024 — Acara wisuda Universitas Mahakarya Asia di Hotel Cristal Lotus tidak hanya menjadi momen kebanggaan bagi para wisudawan, tetapi juga menjadi ajang penyemangat yang berkesan dengan sambutan penuh makna dari Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 5, Bapak Prof. Setyabudi Indartono, MM., Ph.D.

Dalam sambutannya, Bapak Prof. Setyabudi Indartono tidak hanya mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan mereka, tetapi juga mengapresiasi seluruh civitas akademika Universitas Mahakarya Asia yang telah berperan dalam mendidik mahasiswa hingga mencapai titik ini. Ucapan selamat juga disampaikan kepada para orang tua yang telah memberikan doa dan dukungan material dalam perjalanan pendidikan anak-anak mereka.

Namun, Bapak Prof. Setyabudi Indartono juga memberikan pesan yang sangat penting kepada para wisudawan. Ia menekankan bahwa wisuda bukanlah akhir dari perjalanan pembelajaran, melainkan awal dari perjalanan yang sesungguhnya. Dalam era yang semakin berkembang dan kompetitif, khususnya dengan kehadiran teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), beberapa perusahaan internasional bahkan telah tidak lagi menggunakan ijazah sebagai satu-satunya kriteria penerimaan karyawan. Sebagai gantinya, mereka lebih menekankan pada keahlian dan kemampuan, seperti yang dilakukan oleh Google dan perusahaan teknologi lainnya.

“Tapi jangan juga setelah menerima ijazah terus dibakar,” selorohnya sambil memancing tawa di antara para hadirin. “Kalian harus terus belajar, menjalani pendidikan sepanjang hayat (long life education). Kehadiran Internet of Things atau yang lebih dikenal dengan AI akan mengubah banyak hal, bahkan beberapa pekerjaan akan tergantikan oleh teknologi. Oleh karena itu, kalian harus mampu beradaptasi dengan perubahan ini. Pelajari Data Science, Big Data, dan keterampilan-keterampilan yang relevan dengan tren masa kini.”

Baca juga :   Buka Puasa Bersama dan Pembubaran Panitia Wisuda ke-7 Universitas Mahakarya Asia

Pesan yang disampaikan oleh Bapak Prof. Setyabudi Indartono memberikan dorongan semangat dan kesadaran yang mendalam kepada para wisudawan untuk terus mengembangkan diri mereka sendiri dan mempersiapkan diri menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks. Semoga pesan ini menjadi pijakan bagi para lulusan Universitas Mahakarya Asia untuk meraih kesuksesan di masa yang akan datang. Selamat kepada para wisudawan, semoga langkah kalian selalu diiringi oleh keberhasilan dan kebahagiaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *